Kamis, 25 Agustus 2016

Contoh Laporan Prakerin SMK GIRIPURO SUMPIUH



LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI DAN LAPANGAN
DI BENGKEL PO MULYO GOMBONG
TAHUN 2015/2016






 
 
Disusun Oleh:


Nama                                 :ADE TRI ANDOYO PUTRA
Nis                                     : 12476
Program Keahlian             : TEKOLOGI DAN REKAYASA
Kopetensi Keahlian           : TEKNIK KENDARAAN RINGAN



SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN GIRIPURO
TERAKREDITASI A (SK: 167/BAP-SM/XI/2015, tanggal 16 November, Jawa Tengah)
Jalan Giritomo No. 15 Sumpiuh ( (0282) 497681
Sumpiuh –Banyumas 2016


LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI DAN LAPANGAN
DI BENGKEL PO MULYO GOMBONG
TAHUN 2015/2016




Disusun dan Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Mengikuti Evaluasi Belajar Tahap Akhir (EBTA) Pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Giripuro Sumpiuh Tahun Ajaran 2015/2016




Disusun Oleh:


Nama                              :ADE TRI ANDOYO PUTRA
Nis                                  : 12476
Program Keahlian              : TEKNOLOGI DAN REKAYASA
Kopetensi Keahlian            : TEKNIK KENDARAAN RINGAN




SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN GIRIPURO
TERAKREDITASI A (SK: 167/BAP-SM/XI/2015, tanggal 16 November, Jawa Tengah)
Jalan Giritomo No. 15 Sumpiuh ( (0282) 497681
Sumpiuh –Banyumas 2016
LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI DAN LAPANGAN
DI BENGKEL PO MULYO GOMBONG
TAHUN 2015/2016

PENGESAHAN SEKOLAH

Laporan praktek kerja industri di “Bengkel Po Mulyo Gombong” ini telah disetujui oleh pembimbing dan di syahkan kepala sekolah SMK Giripuro Sumpiuh pada :


Hari             :......................................
Tanggal        :......................................
Tempat         :......................................


                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   Sumpiuh,................2016
Pokja Prakerin                            Kaprodik                          Pembimbing


  Aswadi S.Pd                             Andi Purwanto S.P.d         Irfangi S.Pd

Mengetahui
Kepala SMK Giripuro Sumpiuh


Umar Nur Arif,S.T.M.Pd



LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI DAN LAPANGAN
 DI BENGKEL PO MULYO GOMBONG
TAHUN 2015/2016

PENGESAHAN PERUSAHAAN


       Laporan praktekkerja industri di “Bengkel Po Mulyo” ini telah disetujui oleh pembimbing praktek dan disyahkan Pimpinan Bengkel Rino Motor pada:



          Hari             :.....................................
          Tanggal        :.....................................
          Tempat         :.....................................






                                                                                                                                                                                                                                                                                                          GOMBONG,......................2016

PimpinanBengkel Po Mulyo                    Pembimbing Prakerin
                                                         

Handoko                                    Budiyono



KATA PENGANTAR


       Puji syukur kehadirat Allah SWT atas rahmat dan hidayah-nya sehingga saya dapat menyelesaikan laporan prakerin ini tanpa ada halangan satu apapun sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.Laporan prakerin ini dibuat atas dasar pengalaman dan pengetahuan yang diperolehselama prakerin di BENGKEL PO MULYO.
          Laporan prakerin yang telah saya susun ini dibuat untuk memenuhi tugas dari sekolah dan sebagai pertanggung jawaban atas terlaksananya Prakerin di dunia industri (DU/DI). Tetapi saya menyadari bahwa laporan yang saya buat tidak akan tersusun apabila tidak ada bantuan dari semua pihak. Oleh sebab itu saya pada kesempatan ini mengucapkan terimakasih kesemua pihak yang telah membantu menyelesaikan laporan praktek kerja industri (Prakerin) maupun pelaksanaan prakerin ini. Ucapan terima kasih sebesar-besarnya saya ucapkan kepada:
1.    Tuhan Yang Maha Esa
2.    Bapak Umar Nur Arif,S.T.M.Pd Selaku Kepala Sekolah SMK Giripuro Sumpiuh
3.    Pokja Prakerin Bapak Aswadi S.Pd
4.    Pimpinan Bengkel PO Mulyo Bapak Handoko
5.    Pembimbing Prakerin BapakBudiyono
6.    Wali Kelas Bapak Irfangi S.pd
7.    Bapak Ibuguru Beserta Seluruh Staf Tata Usaha
8.    Orang tua yang telah mendukung program Prakerin
9.    Teman Seperjuangan kelas XI TKR SMK GIRIPURO SUMPIUH
10. Semua pihak yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu.

Penyusun menyadari laporan yang dibuat ini masih banyak kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan sarannya yang membangun dari semua pihak demi kesempurnaan laporan ini. Kiranya cukup sekian, penyusun mohon maaf yang sebesar besarnya apabila dalam penyusunan laporan ini banyak sekali kekurangan.








DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL............................................................           i
HALAMAN PENGESAHAN SEKOLAH...................................            ii
HALAMAN PENGESAHAN PERUSAHAAN.............................           iii
KATA PENGANTAR..........................................................           iv
DAFTAR ISI....................................................................            v

BAB I. PENDAHULUAN ...................................................            1
A.   Pengertian Prakerin..........................................            1
B.    Tujuan dan Manfaat Prakerin.............................            1
C.   Tujuan Pembuatan Laporan...............................            1
D.   Sistematika Laporan.........................................            2
BAB II. URAIAN UMUM...................................................            3
A.   Sejarah Berdirinya Bengkel................................            3
B.    Struktur Organisasi Bengkel...............................            3
C.   Kepegawaian....................................................           3
D.   Pemeliharaan Tempat Kerja...............................            3
BAB III. URAIAN KHUSUS................................................           4
A.   Landasan Teori..................................................          4
1.    Katup...........................................................                   4
a.    Pengertian Katup.................................          4
b.    Fungsi Dan Manfaat Katup....................          4
c.    Jenis-jenis Katup................................           5
d.    Siklus katup.......................................           6
2.    Karburator...................................................           6
a.    Pengertian Karburator.........................           6
b.    Fungsi Dan Manfaat Karburator.............          7
c.    Jenis-jenis Karburator.........................           7
d.    Prinsip Kerja Karburator......................           10
3.    Rem............................................................           12
a.    Pengertian Rem..................................           12
b.    Fungsi Dan Manfaat Rem......................          12
c.    Jenis-jenis Rem....................................                   13
d.    Prinsip Kerja Rem.................................                   16

B.    Proses Kerja......................................................          17
1.    Penyetelan Katup.................................          .........           17
a.    Persiapan Kerja..................................           17
b.    Alat dan bahan…………………………………..          17
c.    Langkah melepas………………………………..          17
d.    Langkah memperbaiki…………………………          18

e.    Langkah memasang……………………………           19
2.    Servis Karburator..........................................          20
a.    Persiapan Kerja..................................           20
b.    Alat dan bahan………………………………....           20
c.    Langkah melepas……………………………....          20
d.    Langkah memperbaiki………………………...          20
e.    Langkah memasang………………………...... 21
3.    Mengganti Kanvas Rem..................................           21
a.    Persiapan Kerja..................................           22
b.    Alat dan bahan………………………………....           22
c.    Langkah melepas………………………….....            22
d.    Langkah memperbaiki………………….......           22
e.    Langkah memasang……………………………           23
C.   Pemeliharaan Dan Perbaikan Alat.......................            24
BAB IV. PENUTUP............................................................          25
A.   Kesimpulan.......................................................           25
B.    Saran-Saran.......................................................                   25
Daftar Pustaka..................................................................                   25



BAB I
PENDAHULUAN
A.   Pengertian Prakerin
Praktek Kerja Industri (Prakerin) adalah salah satu cara menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan khususnya pada sekolah menengah kejuruan yang memadukan kegiatan belajar di sekolah dan kegiatan belajar melalui kerja yang sesungguhnya dan relevan di lapangan kerja (dunia usaha/dunia industri).
Di samping untuk memenuhi syarat mengikuti Ujian Akhir Nasional dan diadakan praktek kerja industri siswa sekolah menengah kejuruan yang diharapkan siswa lebih berkompeten di dalam dunia kerja dengan adanya program ini siswa dapat menjadi lebih berpengalaman dan lebih mandiri untuk menghadapi persaingan dunia kerja sekarang ini yang telah bersifat kompetitif.
B.   Tujuan Dan Manfaat Prakerin
Praktek Kerja Industri (Prakerin) ditunjukan untuk membentuk supaya memilikin profesional kerja antara lain:
1.    Meningkatkan, memperluas dan menetapkan ketrampilan yang membentuk kemampuan siswa sebagai bekal untuk memasuki dunia kerja yang sesuai dengan program keahlian dan disiplin ilmunya.
2.    Menumbuhkembangkan dan memanfaatkan siswa profesional yang diperlukan siswa untuk memasuki dunia lapangan kerja sesuai dengan bidangnya.
3.    Meningkatkan pengalaman siswa pada aspek-aspek usaha yang potensial dalam lapangan kerja antara lain struktur organisasi usaha, asosisasi usaha, jenjangb karir dan menengah usaha.
4.    Memberikan kesempatan pada siswa untuk memasyarakatkan diri pada sesuatu atau iklim lingkungan kerja yang sebenarnya, baik sebagai pekerja, sebagai penerima upah maupun sebagai pekerja mandiri terutama yang berkenaan dengan disiplin kerja.
5.    Meningkatkan, memperluas dan memantapkan proses penyerapan teknologi baru dari lapangnan ke sekolah dan sebaliknya.
6.    Memperoleh masukan dan upah baik untuk memperbaiki dan mengembangkan kesesuaian pendidikan kejuruan.
7.    Menjalin kerjasama dengan dunia usaha secara institutional untuk memberikan peluang masuk dan ditempatkannya alumni.


C.   Tujuan Pembuatan Laporan
1.    Peserta didik mampu mengungkapakan gagasan atau pengalaman dalam bentuk tulisan secara sistematik atau kronologi dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar.
2.    Peserta didik mampu mencari alternatif pemecah masalah kejuruan sesuai dengan program studinya yang terungkap dalam laporan tertulis.
3.    Memberikan informasi tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi(IPTEK) dari dunia usaha atau dunia industri (DU/DI) ke sekolah.
D.   Sistematika Laporan

Sistematika laporan adalah penjelasan yang singkat dari setiap bab mulai dari bab I sampai dengan bab IV dimana uraian ini memberikan gambaran setiap isi dari setiap babnya yang ada pada laporan ini adalh sebagai berikut:
Bab I               : Pendahuluan
Dalam bab ini penulis membahas tentang prakerin, tujuannya, dan manfaat prakerin.
Bab II             : uraian umum
Bab ini membahas tentang sejarah berdirinya bengkel, struktur organisasinya, kepegawaian,dan pemeluharaan tempat kerja.
Bab III                        : uraian khusus
Dalam bab ini dijelaskan tentanf landasan teori, persiapan kerja, proses kerja, pemeliharaan dan perbaikan alat.
Bab IV            : penutup
Bab ini berisi kesimpulan, saran, dan daftar pustaka




BAB II
URAIAN UMUM
A.   Sejarah PO Mulyo Gombong
 Po Mulyo Gombong adalah agen bus antar kota dan provinsi Jogja - Purwokerto Dan PO mulyo Gombong Kantor dari bus bus mulyo tersebut sekaligus bengkel Dan Transit khusus bus mulyo.


B.   Struktur Organisasi Bengkel
C.   Kepegawaian
Pimpinan                           :  1  Orang
Pegawai                             :  4  Orang
Kepala Bengkel & Montir :  3  Orang 
Supir & Kenet Bus            :  10 Orang
 
Jumlah                               :  18 Orang
Job pegawai tidak ditentukan setiap waktunya, hanya berdasarkan sibuk atau tidaknya pegawai tersebut.
D.   Pemeliharaan Tempat Kerja
Alat di taruh di dalam lemari, jika ada waktu luang peralatan dan tempat kerja dibersihkan agar terlihat rapih dan nyaman. Setelah alat digunakan segera di kembalikan ke tempat semula dan tidak lupa di gembok.


BAB III
URAIAN KHUSUS
A.   Landasan Teori
     
1.   Katup
a.  Pengertian Katup
Valve atau katup adalah sebuah perangkat yang terpasang pada sistem perpipaan,yangberfungsi untuk mengatur, mengontrol dan mengarahkan laju aliran fluida dengan cara membuka, menutup atau menutup sebagian aliran fluida. Katup/valve memiliki peran penting dalam suatu industri seperti industri migas yang meliputi pengaliran kedalam kolom destilasi dan mengontrol pengapian pada furnace. Valve dapat dioperasikan secara manual, baik dengan menggunakan pegangan, tuas pedal dan lain sebagainya, selain dioperasikan secara manual valve dapat juga dioperasikan secara otomatis dengan menggunakan prinsip perubahan aliran, tekanan dan suhu. Perubahan tersebut akan mempengaruhi diafragma, pegas ataupun piston sehingga secara otomatis akan menggerakkan katup dengan sistem buka tutup.
b.  Fungsi Dan Manfaat Katup

a.    Untuk menutup dan membuka aliran dengan syarat, ketika terbuka memiliki hambatan aliran dan pressure loss yang minimum. Contohnya: gate, ball, plug dan butterfly valve.
b.    Untuk mengatur aliran, dengan cara menahan aliran dengan perubahan arah atau menggunakan suatu hambatan bisa juga dengan kombinasi keduanya.
c.    Untuk mencegah aliran balik (back flow), biasanya menggunakan check valve (lift check dan swing check). Valve ini akan tetap terbuka dan akan tertutup apabila terdapat aliran yang berlawanan arah.
d.    Untuk mengatur tekanan, dalam beberapa aplikasi valve, tekanan yang masuk (line pressure) harus dikurangi untuk mencapai tekanan yang diinginkan. Biasanya menggunakan pressure-reducing valve atau regulator.
e.    Untuk pressure relief dengan menggunakan relief valve dan safety valve. Relief valve digunakan untuk mengatasi bila adanya tekanan yang berlebihan yang dapat mengganggu proses aliran bahkan kegagalan proses. Sedangkan safety valve mengunakan per (spring loaded), valve ini akan membuka jika tekanan melebihi batas yang sudah ditentukan. 
f.     Katup (Valve) berfungsi membuka dan menutup saluran hisap dan buang
 Diameter katup hisap dibuat lebih besar dari pada diameter katup buang.
g.    Dudukankatupberfungsisebagaitempat duduknyakatup.
h.    Pegas katup berfungsi mengembalikan katup pada dudukan semula setelah katupbekerja(membuka).
i.     Tapet berfungsi memindahkan gerakan hubungan (Nok) ke tuas katup (Rocker arm)melaluibatangpenekan(Pushrod).
j.     Batang penekan berfungsi untuk meneruskan gerakan Tapet keujung tuas katup. Batang penekan hanya terdapat pada mekanisme katup yang poros noknya di blok silinder dan katupnya terdapat pada kepala silinder.

c.  Jenis-jenis Katup

1.    Jenis OHV (Over Head Valve), yaitu katup berada dikepala silinder, poros nok (camshaft) disisi.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiADowA-Qu_BoJJDxXmwQvo2RSM42XoyyEho1LHNehhO7llMDuR3JrnmpO4Y3AVPZuyFOfGLs2CKeaKINcd7P9i_3dghoy1W-lkOarCoUDOqQ2gMML3g3VcLaHcFQvFCbWmqZOc5uIUsgQ/s1600/ohv.jpg

2.    Jenis OHV-SOHC yaitu katup berada dikepala silinder menggunakan poros nok (camshaft) tunggal.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgiyQQ9C05OHhANf2obJ24LcL6KBKBkR-wgjRPNooFRIipejW2FbkwqzVOonoXCUGnFOnaH6e1mCU1CXUVhpROGnZkDUWVB7-YdKALC0nR6odrkp1RONcxlIa9KtODNcFlDXPvOdDGixn0/s1600/katub.jpg
3.    Jenis OHV-DOHC yaitu katup dikepala dengan menggunakan poros nok (camshaft) ganda.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiCRaTHOAFnzKuvF_BgFj0ofxE1mTzAhfdaSL9GuCWkt9QKU47efH7UWo4WsWBPzHZmFmIXX3fExyHJhFjVfnxGiR3ICHF2FPUaTpmFqPAdAFVverbXVBeVU6u8I60ewNiNPvVy0ASsHYE/s1600/DOHC.jpg




d.  Siklus Katup

1.  Langkah Isap, adalah langkah piston dari TMA (Titik Mati Atas) dimana katup buang tertutup dan katup isap terbuka, dan piston begerak menuju TMB (Titik Mati Bawah) sehingga dapat menghisap campuran bahan bakar dan udara ke dalam ruang pembakaran melalui katup isap.
2.  Langkah Kompresi, adalah langkah piston menekan campuran bahan bakar dan udara dengan bergerak dari TMB ke TMA, dimana katup isap dan katup buang sama – sama dalam posisi tertutup. Sehingga campuran bahan bakar dan udara tadi terkompresi. Kompresi tersebut membuat tekanan di dalam ruang pembakaran menjadi tinggi. Sesaat piston mendekati TMA, busi memancarkan percikan api untuk membakar campuran bahan bakar dan udara yang terkompresi tadi. Sehingga terjadilah ledakan di dalam ruang pembakaran.
3.  Langkah Ekspansi, adalah langkah piston yang bergerak turun dari TMA ke TMB akibat terdorong oleh ledakan di dalam ruang pembakaran tersebut dan memaksa crankshaft berputar. Posisi katup isap dan buang masih sama – sama tertutup. Langkah inilah yang dapat menghasilkan tenaga dan mesin dapat bekerja.
4.  Langkah Buang, adalah langkah dimana piston bergerak ke atas dari TMB ke TMA, dimana katup isap tertutup dan katup buang terbuka. Sehingga piston dapat membuang sisa pembakaran. Pada saat piston mencapai TMA maka katup buang tertutup dan katup isap terbuka sehingga siklus empat langkah dapat dimulai kembali.

 siklus4langkah
Gambar 1 Siklus Empat Langkah

2.    Karburator
a.  Pengertian Karburator

Karburatormerupakan bagian dari mesin yang bertugas dalam sistem pengabutan(pemasukan bahan bakar ke dalam silinder). Proses pemasukan bahan bakar kedalam silinder dinamakan karburasi. Sedangkan alat yang melakukannya dinamakan karburator.Walaupun sekarang ini sudah banyak sepeda motor maupun mobil mengganti karburator dengan system injeksi yang secara otomatis menyemprot bahan bakar lebih baik ketimbang karburator karena system injeksi membuat sepeda motor menjadi irit dan lebih sempurna

b.  Fungsi Dan Manfaat Karburator

1.    Untuk mengatur udara dan bahan bakar ke dalam saluran isap.
2.    Untuk mengatur perbandingan bahan bakar-udara pada berbagai beban kecepatan mobil.
3.    Mencampur bahan bakar dan udara secara merata.
4.    Mangkok karburator ( float chamber ) Berfungsi untuk menyimpan bensin pada waktu belum digunakan.
5.    Klep / Jarum Pelampung Berfungsi untuk mengatur masuknya bensin kedalam mangkok karburator.
6.    Pelampung ( float ) Berfungsi untuk mengatur agar tetapnya bahan bakar didalam mangkok karburator.
7.    Skep / Katup Gas Berfungsi untuk mengatur banyaknya gas yang masuk kedalam silinder.
8.    Pemancar Jarum ( main jet / needle jet ) Berfungsi untuk memancarkan bensin waktu motor di gas  besarnya diatur oleh terangkatnya jarum skep.
9.    Jarum Skep / Jarum Gas ( jet needle ) Berfungsi untuk mengatur besarnya semprotan bensin dari main nozzle pada waktu motor di gas.
10. Pemancar besar / induk ( main jet ) Berfungsi untuk memancarkan bensin waktu motor di gas full ( tinggi ).
11. Pemancar kecil / stasioner ( slow jet ). Berfungsi untuk memancarkan bensin waktu langsam / stationer.
12. Sekrup Gas / Baut Gas ( throttle screw ) Berfungsi untuk setelan posisi skep sebelum di gas.
13. Skrup udara / baut udara ( air Screw ) Berfungsi untuk mengatur banyaknya udara yang akan dicampur  dengan bahan bakar.
14. Katup Cuk ( choke valve ) Berfungsi untuk menutup udara luar yang masuk ke karburator sehingga gas menjadi kaya digunakan pada waktu start.

c.  Jenis-jenis Karburator
Dilihat dari tipe venturi, karburator dapat dibedakan menjadi :

1.  Karburator dengan venturi tetap (fixed venturi).
Karburator dengan venturi tetap dewasa ini masih banyak digunakan karena kontruksinya yang relatif sederhana. Sifat utama karburator tersebut menggunakan sebuah venturi tetap dengan diameter tertentu. Besarnya vakum yang dihasilkan oleh udara yang mengalir melalui venturi tersebut sesuai dengan kecepatan aliran. Kecepatan aliran dipengaruhi oleh beban mesin dan pembukaan katup gas. Keadaan tersebut akan mempengaruhi banyak sedikitnya bahan bakar yang keluar dari venturi.
jenis karburator dengan ventury tetap
Gambar Karburator dengan Ventury Tetap
2.  Karburator Variable Venturi
Karburator variable venturi menggunakan sistem dimana permukaan venturi dikontrol sesuai dengan banyaknya udara yang dihisap. Salah satu keistimewaan karburator tersebut adalah perubahan membukanya venturi sama saat kecepatan rendah dan sedang, serta pada beban ringan dan sedang. Dengan alasan tersebut volume bahan bakar berubah sesuai dengan volume udara yang masuk dan tahanan udara yang masuk menjadi kecil. Dengan demikian dapat memudahkan untuk mencapai output yang tinggi. Tingkat aliran udara yang dihisap melalui karburator variable venturi seperti diperlihatkan pada grafik di bawah ini Dibanding dengan karburator fixed venturi, maka karburator variable venturi mempunyai tingkat aliran udara yang tetap (adanya tahanan pada aliran udara) yang memotong daerah full pada rpm mesin, sehingga diperoleh suatu campuran yang baik antara udara dan bahan bakar.
jenis karburator dengan variable ventury
Gambar Karburator Variable Ventury
3.  Karburator air valve venturi (Venturi Katup Udara)
Pada karburator ini, membukanya katup udara (air valve) dikontrol dengan besarnya udara yang dihisap. Kontruksinya berbeda dengan karburator variable venturi, tetapi cara kerjanya sama. Karburator jenis ini mempunyai dasar karburator arus turun dua barrel (down draft double barrel), tetapi kontruksi dan cara kerjanya sama dengan sistem secondary yang dimodifikasi. Katup udara terpasang di dalam silinder secondary dan membukanya air valve bervariasi sesuai dengan jumlah udara yang dihisap. Kevakuman pada nosel utama dikontrol agar bekerjanya konstan. Karburator jenis initidak mempunyai tahanan aliran udara pada venturi sehingga keuntungannya mampu menghasilkan output yang besar. Disamping itu, membuka dan menutupnya katup throttle secara mekanik maka diaphragma tidak diperlukan lagi.

jenis karburator air valve ventury
Karburator air valve ventury
Dilihat dari arah masuk campuran udara dan bahan bakar :
1.  Karburator Arus Turun
Pada karburator arus turun, arah masuknya campuran udara dan bahan bakar adalah ke bawah (down draft). Karburator jenis ini banyak digunakan karena tidak ada kerugian gravitasi. Karburator arus turun banyak di temui pada mobil mobil.
jenis karburator arus turun
Gambar Karburator arus turun
2.  Karburator Arus Datar
jenis karburator arus datar
Gambar Karburator arus datar
Pada karburator arus datar, arah masuknya campuran udara dan bahan bakar adalah ke samping (side draft). Karburator tersebut pada umumnya digunakan pada mesin yang memiliki output yang tinggi. Jenis ini paling banyak di jumpai pada kendaraan sepeda motor, namun juga masih banyak mobil yang menggunakan karburator jenis ini.

1.  Dilihat dari jumlah barel, karburator dapat dibedakan menjadi :
Karburator Single Barel
jenis karburator single barel
Single Barel
Pada karburator single barel (satu barel), semua kebutuhan bahan bakar pada berbagai putaran mesin dilayani oleh satu barel. Padahal pada putaran mesin rendah, diameter venturi yang besar akan lebih lambat menghasilkan tenaga dibanding diameter venturi yang kecil. Sebaliknya diameter venturi yang kecil hanya mampu memenuhi kebutuhan bahan bakar pada putaran mesin tertentu, tetapi pada putaran rendah lebih cepat menghasilkan tenaga. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka diciptakan karburator double barel.

2.  Karburator Double Barel
jenis karburator double barel
Double barel
Pada putaran rendah, karburator double barel cepat menghasilkan tenaga (output) karena yang bekerja hanya primary venturi yang mempunyai diameter venturi kecil. Pada putaran tinggi, baik primary maupun secondary venturi bekerja bersama-sama sehingga output yang dicapai akan tinggi karena total diameter venturinya besar. Disamping itu kecepatan aliran maksimal pada venturi karburator double barel dibanding karburator single barel lebih kecil sehingga kerugian gesekannya pun lebih kecil.
d. Prinsip Kerja Karburator
Prinsip kerja karburator sebenarnya cukup sederhana yaitu dengan memanfaatkan dua prinsip dasar :
1. Prinsip Tekanan udara atau istilah kerennya atmospheric pressure.
Mungkin pemirsa masih ingat sedikit pelajaran IPA entah itu waktu sd, smp atau sma, yang menyebutkan bahwa udara akan berpindah atau mengalir dengan sendirinya dari suatu tempat yg bertekanan lebih tinggi menuju tempat yg bertekanan lebih rendah. Nah, pada mesin 4 tak alias 4 langkah seperti halnya satria FU, kevakuman/tekanan rendah tercipta didalam ruang silinder pada saat langkah hisap (piston bergerak dari titik mati atas/TMA ke Titik Mati Bawah/TMB). Karena tekanan udara diluar silinder lebih tinggi, maka udara akan bergerak dari luar melewati lorong karburator, melewati intake, saluran porting, dan klep IN yang sedang terbuka menuju silinder dan kemudian mengisi ruang disana sehingga akhirnya tekanan udara didalam silinder kembali seimbang dengan tekanan udara diluar silinder. Nah udara yang bergerak mengalir dari luar melewati lorong karburator inilah yang kemudian dipakai sebagai media transportasi untuk mengangkut atau membawa serta kabut bensin yang diproduksi karburator. Boncengers gan…hehe


http://i2.wp.com/satria155.com/wp-content/uploads/2012/11/Fungsi-Karburator.jpg?resize=550%2C477
2. Prinsip Efek Venturi (Venturi Effect)
Lorong / saluran utama didalam karburator disebut sebagai Venturi. Dengan beberapa ukuran seperti misalnya Karbu standar Satria FU (Mikuni BS26) yang memiliki diameter venturi 26mm, atau karbu Keihin PE28 yang memiliki diameter venturi 28mm. Lorong karbu dirancang lebih lebar di moncong karbu dan menyempit didalam supaya aliran udara dapat bergerak cepat saat memasuki venturi. Karena aliran udara akan bergerak semakin cepat saat harus melewati ruang yang lebih sempit. Seperti halnya aliran air pada sungai yang semakin deras saat memasuki bagian sungai yang menyempit. Atau air yang memancar lebih deras pada selang yang lebih kecil. Kaidah fisika juga menyatakan bahwa semakin cepat flow atau aliran udara disuatu ruang, maka tekanan udara nya justru semakin turun didalam ruang tersebut. Berdasarkan prinsip ini, udara yang bergerak cepat sepanjang lorong venturi menyebabkan tekanan udara didalam lorong venture menjadi turun, lebih rendah dari tekanan udara normal didalam mangkok karbu (nilai atmospheric pressure normal berkisar 15psi, makanya ada lubang Ventilasi di mangkok karbu untuk menjaga tekanan tetap normal didalam mangkuk). Nah, perbedaan tekanan di lorong venturi dengan di dalam mangkuk karbu ini memungkinkan bensin dari mangkok seperti terhisap mengalir naik keatas menuju lorong venturi dan ikut tercampur dengan aliran udara disana menuju mesin.

http://i1.wp.com/satria155.com/wp-content/uploads/2012/11/Prinsip-Venturi-Karbu.jpg?resize=550%2C1053


3.   Rem
a. Pengertian Rem
Secara umum rem adalah suatu sistem yang bekerja untuk memperlambat atau menghentikan perputaran. Prinsip kerja sistem rem adalah mengubah tenaga kinetik menjadi panas dengan cara menggesekan dua buah logam pada benda yang berputar sehingga putarannya akan melambat, dengan demikian laju kendaraan menjadi pelan atau berhenti dikarenakan adanya kerja rem.

b.  Fungsi Dan Manfaat Rem

a.   Untuk memperlambat kecepatan atau menghentikan gerakan roda kendaraan.
b.   Mengatur kecepatan selama berkendara.
c.    Untuk menahan kendaraan saat parkir dan berhenti pada jalan yang menurun atau menanjak.
d.   Pedal rem Komponen sistem rem yg terletak di bawah setir pengemudi.
e.   Boster remKomponen sistem rem yang berfungsi melipat gandakan daya atau tenaga dari pedal rem.
f.    Master sylinderKomponen sistem rem sebagai penampung fluida rem dan meneruskannya ke wheel sylinder melalui selang saluran rem.
g.   Silinder Roda (Wheelcylinder) Komponen sistem rem yangFungsinya  adalah menekan brakeshoe(sepaturem) kebrakedrum(Tromolrem). Didalam silinder roda terpasang satu atau dua buah piston beserta seal tergantung dari konstruksi rem tromolnya. Bila pedal rem diinjak, tekanan minyak rem dari master silinder disalurkan ke semua wheel silinder, tekanan didalam wheel silinder lalu menekan piston kearah luar dan selanjutnya piston menekan sepatu rem dan bergesekan dgn tromol sehinggarodaberhenti.DanBilapedalremdilepas maka sepatu rem kembali keposisi semula oleh tarikan pegas pengembali.
h.   Sepatu     Rem   (Brakeshoe) dan    kanvas          rem
Komponen sistem rem yg Berfungsi untuk menahan putaran
Tromol rem atau brake drum melalui gesekan. Yaitu dgn meneruskan gaya tekan dari wheel cylinder
i.     Pegas pengembali (ReturnSpring) Komponen sistem rem yang Berfungsi         untuk     mengembalikan sepatu rem (Brake shoe) ke posisi
semula     pada   saat    tekanan        silinder roda turun akibat pedal rem dilepas.
j.    plat belakang (Backing  Plate)komponen system rem yang Berfungsi sebagaitumpuanuntukmenahan putaran tromol sekaligus sebagai dudukan silinder roda.
k.   Tromolrem (drum brake) Komponen roda yang berhubungan dgn poros penggerak dan roda belakang. Sehingga saat roda berputar maka tromol ikut berputar.

c.  Jenis-jenis Rem
TIPE Rem Tromol dibagi menjadi 5 tipe, yaitu;

1.  Tipe Leading Trailing

Pada tipe ini terdapat satu wheel silinder dengan dua piston yang akan mendorong bagian tas dari tromol rem. Leading shoe lebih cepat aus dari pada trailing shoe


2.  Tipe Two Leading

Tipe ini mempunyai dua wheel silinder yang masing-masing me-miliki satu piston.

      Keuntungan :
Saat kendaraan maju kedua sepatu rem menjadi leading shoe sehingga daya penge-reman baik

      Kerugian :
Saat kendaraan mundur ke-dua sepatu rem menjadi trailing shoe sehingga daya pengereman kurang baik

3.  Tipe Dual Two Leading

Tipe ini mempunyai 2 silinder ro-da (wheel cylinder), yang ma-sing-masing memiliki 2 buah piston, dan menghasilkan efek pengereman yang baik saat ken-daraan maju maupun mundur
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhQ8jQxF-rbAlk9DztLx9vhHxd3vcyrQgchKcDHQMBynOFMbjGdl6MZz14v693KH9ASsWXb1cFfLxGGbVA-ygwy9CXHQrAj_DlYFjMPVO82KH7SYjbVZWoFSo3J5xoyiFEVxqsP_E_Eznk/s1600/dual.png

4.  Tipe Uni-Servo

Tipe ini mempunyai 1 wheel cylinder dengan 1 piston.







https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhfNcV_-tDD-r9kNBdwdDm3ILZ2RlvpFF71i5TpjbR6rrZ1dgQ40UzXWEIOe2-9jgLgBqPhuuB-dHwxpuEGpapDcQWZKjQW-rmHUdtkiijYUZcKDtmRX1SmC6MBFJf2ZslZSQokLgNgvpo/s1600/uni+servo.png
 Keuntungan :
Saat kendaraan maju kedua sepatu rem menjadi leading shoe sehingga daya penge-reman baik

 Kerugian :
Saat kendaraan mundur kedua sepatu rem menjadi trailing shoe sehingga daya pengereman kurang baik

5.  Tipe Duo-Servo

Tipe ini merupakan penyempur-naan dari tipe uni-servo yang mempunyai 1 wheel cylinder dengan 2 piston.
Gaya pengereman tetap baik tanpa terpengaruh oleh gerakan kendaraan.


TIPE Rem Caliper dibagi menjadi 2 tipe, yaitu;

1.  Tipe Fixed Caliper (Double Piston)

Pada tipe ini daya pengereman didapat bila pad ditekan piston secara hidraulis pada kedua sisi disc.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiOwi071yDc4ewMdL0PSRBpygVoPorjESUKfhlremGxg0TxXhauO9RccRrbM_8_C251pwy9-_RdkYK-GRyaj4NArDQr2tlpxOvuDZfyZRptCgte4EM3qRF8-rrmWF-vn5Ud6XlkUTtwouk/s1600/1.png
2.  Tipe Floating Caliper

Pada tipe ini hanya terdapat satu piston. Tekanan hidraulis dari master cylinder mendorong piston (A) dan selanjutnya menekan disc. Pada saat yang sama tekanan hidraulis menekan sisi pad (B) menyebabkan caliper bergerak ke kanan dan menjepit cakram dan terjadilah pengereman

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEje8rdgXeJ1QcEzrL90_Rp3m9UVlkAyvqSiflMLKp0eFqlqEzoGhmxmkUHY_rjbg2kfgX5FeJLEJki0ThxvtBWGLLmpybq286ArzuUKQ2DT_bClgFPlXkp9zT5ybLjLUGO7L9TeZ_qoRp4/s1600/2.png
d.Prinsip Kerja Rem

Prinsip kerja sistem rem adalah mengubah tenaga kinetik menjadi panas dengan cara menggesekan dua buah logam pada benda yang berputar sehingga putarannya akan melambat. Oleh sebab itu komponen rem yang bergesekan ini harus tahan terhadap gesekan (tidak mudah aus), tahan panas dan tidak mudah berubah bentuk pada saat bekerja dalam suhu tinggi. Sistem rem mobil diklasifikasikan berdasar :
·         Lokasi pemasangan : pada roda (wheel brake) dan Propeller shaft (center brake).
·         prosedur operasi : Manual type (parking brakes) dan foot pressure brakes (servis brakes).
·         Kontruksi : Internal expansion (drum brakes), external expansion, Disk brakes.
·         Mekanisme : Mechanikal types, Hydraulic types, Pneumatic Types, Vacuum types, Exhaust brakes.







B.   Hasil kerja


1.   Menyetel Katup




a.    Persiapan Kerja
1)  Memakai werpak demi keselamatan kerja
2)  Memakai sepatu khusus
3)  Siapkan alat dan bersihkan terlebih dahulu.

b.    Alat dan Bahan

Alat
1)   obeng (–) dan (+)
2)   puller gauge
3)   kunci ring 12mm
4)   kunci ring 17mm & 19mm
5)   Kunci T ukuran 10 dan 12
6)   Tang
7)   SST
8)   Feeler gauge
9)   Kunci shock
10)Jangka sorong
11)Palu besi
Bahan
1)   Unit Kendaraan / Engine
c.    Langkah Melepas
1)  Buka baut pengunci tutup kepala silinder dengan kunci ring 1/2 mm. Kemudian lepas seal washernya.
2)  Copot slang positive crankcase ventilation (PCV) di kop silinder dari klemnya.
3)  Buka tutup kepala silinder perlahan-lahan. Maka akan terlihat deretan katup (klep) dan rocker arm yang tersusun rapi
d.    Langkah Penyetelan Celah Katup

1)  Awalnya putar poros engkol searah jarum jam hingga tanda pada puli poros engkol (coakan) tepat segaris dengan angka 0 pada tutup rantai timing.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjZjcis5xXfoP8Cc4sEbtUH3lYZdhkqhBwQz8C6nvIJx9RKe3z_1U9LAfMAv6a5yAeCbyvp4hvbDxHhyVjWNC9DhEgzkVLiNmbuisAFyu6J6uQg7Sn6UHiU6-KNJl-FsOxW0o1aiW8PHg/s320/2.jpg
2)  Menentukan top kompresi silinder 1 atau 4, dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

a)  Pada saat memutar poros engkol, perhatikan juga katup masuk silinder mana yang bergerak. Lihatlah rocker arm pada silinder 1 dan 4 sambil menggerak puli poros engkol.
b)  Apabila tanda pada puli telah segris dengan angka 0 dan yang dalam posisi bebas adalah rocker arm silinder 1, berarti yang sedang mengalami top kompresi adalah silinder 1. Begitu juga sebaliknya.
3)  Menentukan katup-katup yang boleh distel pada saat top kompresi silinder 1 atau dengan cara melihat diagram/tabel proses kerja silinder atau bisa juga dengan menggerak-gerakkan rocker arm, apabila rocker arm dalam keadaan bebas berarti silinder tersebut boleh untuk di setel.
Setelah mengetahui urutan penyetelan katup. Berikutnya menyetel katup dengan cara:
    Jenis TOP
       Keadaan Silinder

    1
    2
    3
    4
    TOP 1
    Rocker arm silinder nomor 1 bebas  dan piston silinder nomor 1 pada TMA akhir langkah kompresi
    IN
    O
    O


    EX
    O

    O

    TOP 4
    Rocker arm silinder nomor 4 bebas dan piston silinder nomor 4 pada TMA akhir langkah kompresi
    IN


    O
    O
    EX

    O

    O
Ket:       O      = Katup yang dapat distel
         1, 2, 3, 4 = Nomor Silinder
a.  Mengendorkan mur menggunakan kunci ring 12.
b.  Menempatkan atau memasukkan feeler gauge ke dalam celah antara rocker arm dengan batang katup.
c.   Melakukan penyetelan dengan mengubah (mengencangkan/ mengendorkan) baut penyetel dengan obeng.
d.  Stel celah pada katup nomor 1-2-3-6 dengan menggunakan feeler gauge, dengan ukuran :
·      Intake : 0,20 mm
·      Exhaust : 0,30 mm
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhdVnNJRFaeBaIc5alU4RkskEx__nZhjvFDs0xklxyGQ9ZQK7mr5UrO8Eoe_2WgFapsUcJDsRho8XXc9sPbasl8qZnIde0XJhIliqwScAtVIBNOFT9E05GH7WbPCPo6FAQ6uEuBFyNnKQ/s400/3.jpg

e.    Setelah celah katup benar/sesuai, kencangkan mur penahan sambil menahan baut penyetel agar tidak bergerak. Lalu cek kembali celah katup dengan merasakan tarikan/gesekan dari feeler gauge.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhxest7r5EotyO9zTj3Eiw2gb0KLh-qnXwx5k9qpv0QGGSEEmWR9DNtjzbLv8M3Dh1ArXN0_lnzMBtw8_O13fwO2TMx9cYWQuewsGOrLEyJaj0ZgviFrgrNjEwJWW6URAuAfFuMSxN4fA/s400/4.jpg
4)   Ulangi cara penyetelan selanjutnya pada TOP 4 dengan cara mengetopkan poros engkol lagi. Putar poros engkol 1 putaran (360°) sehingga tanda coakan  pada puli menunjukkan segaris lagi dengan tanda angka 0 pada tutup rantai timing.
5)   Menyetel celah katup nomor 4-5-7-8 menggunakan feeler gauge, dengan ukuran :
·         Intake : 0,20 mm
·         Exhaust : 0,30 mm

e.    Langkah memasang

1) Pasang tutup distributor.
2) Pasang kabel distributor.
3) Maka tutup kembali kepala silinder.
4) Kencangkan kembali baud menggunakan kunci pas atau kunci T.
2.   Menyetel Karburator
https://derwinirawan.files.wordpress.com/2007/08/karbu5.jpg

a)   Persiapan Kerja
1)     Memakai werpak demi keselamatan kerja
2)     Memakai sepatu khusus
3)     Siapkan alat dan bersihkan terlebih dahulu
b)   Alat dan Bahan
Alat
1)   kunci pas 10, 12 dan 14 mm
2)   Obeng minus
3)   carburator cleaner
4)   Obeng { + dan - }
5)   Nampan (untuk wadah bensin sebagai pencucian karburator)
6)   Tang jepit

Bahan

1)   Unit kendaraan / Engine

c)   Langkah Melepas
1)  Lepaskan kabel kelistrikan accu dan kemudian buka penutup saringan udara (filter) beserta rumahnya,
2)  Buka selang yang terhubung pada karburator (selang bahan bakar dan lainnya), serta kabel gas dan juga kabel lain yang terhubung ke karburator,
3)  Buka mur baut pada dudukan karburator lalu angkat dari manipold (tempat menempelnya),
4)  Kini tinggal membersihkan karburator dengan cairan cleaner atau bensin, setelah sebelumnya dipreteli bagian-bagian karburator tersebut.
d)   Langkah Memeriksa
1)  Jika sudah membukanya, buka ruang pelampung maka anda akan melihat sebuah pelampung yang terbuat dari bahan plastik.
2)  Langkah selanjutnya anda lepas pelampung tersebut dengan menarik keluar sindiknya, maka pelampung akan terlepas bersama dengan Needle valve.
3)  Selanjutnya anda lakukan penyetelan dengan cara membengkokan ke atas sedikit saja, logam yang di gunakan untuk dudukan needle vaive.
4)  Nah jika anda sudah membengkokan logam yang di gunakan untuk dudukan needle valve, pasang kembali pelampung dan juga needle valve. Setelah itu lakukan pengecekan dengan cara meniup lubang masuk yang berhubungan dengan selang bensin, dan gerakan pada pelampung ke atas dan ke bawah.
5) Pastikan bahwa pelampung berada di bawah, needle valve terbuka penuh, dan ketika posisi pelampung sejajar needle valve bisa menutup secara sempurna. Jika belum pas lakukanlah penyetelan ulang.
e)   Langkah Pemasangan
1)  Setelah bersih, pasang kembali spuyer-spuyer tersebut. Gunakan obeng spuyer dan pengecangannya jangan terlalu keras, cukup gunakan dua jari pada ujung obeng.
2)  Sebelum dipasang komponen-komponen karburator sebaiknya Anda jangan lupa untuk mengatur tinggi pelampung bensin dengan menggunakan jangka sorong atau sigmat.
3)  Dan terakhir rakit kembali karburator yang tadi dilepas, filter udara kembali dipasangkan. Lalu nyalakan mesin dan setel kondisi langsam mesin dengan cara setel spuyer angin-angin dengan cara memutar searah jarum jam hingga mentok, lalu putar balik beberapa putaran sesuai dengan standar mesin mobil Anda.




3.   Perbaikan Rem Tromol



a.   Persiapan Kerja

1)  Memakai werpak demi keselamatan kerja
2)  Memakai sepatu khusus
3) Siapkan alat dan bersihkan terlebih dahulu

b.   Alat dan Bahan

Alat
1)  kunci roda
2)  dongkrak mobil
3)  Kampas rem baru
4)  Stempet/vaselin (greese)
5)  kunci sok 14
6)  traker sederhana untuk mendorong piston cakram agar disk brake baru bisa masuk
Bahan
1)   Mobil dengan rem tromol
c.  Langkah Melepas

1)  Kendorkan baut pengikat roda
2)  Angkat kendaraan dengan dongkrak
3)  Lepaskan roda
4)  Lepaskan tutup tromol
5)  Lepaskan sepatu rem
6)  Lepas pegas pengembali
7)  Lepas kabel rem tangan
8)  Lepas tuas rem tangan
9)    Lepas silinder roda
10) Lepas baut mounting silinder roda
11) Lepaskan cirdip kabel rem tangan dan rem tangan dari back plate
12) Lepas mur retainder roda
13) Gunakan STT untuk mengeluarkan shaft dengan back plat
14) Lepas back plate

d.   Langkah Mengganti Kanvas Rem

1)   Setelah dilepas, cek tromol-nya apakah ada kerusakan atau tidak ?jika ada kerusakan, maka bisa jadi Anda harus menggantinya, atau memperbaikinya.
2)   Semprot semua mekanisme pengereman ini dengan kompresor, tabi debunya bisa mengandung absestos, karena itu gunakan masker saat penyemprotan tadi.
3)   Ram tromol/drum punya beberapa pegas dan tuas, seperti untuk penyesuaian dan untuk rem tangan. Biasanya ada warna yang berbeda – beda, sebelum Anda melepas komponen – komponenya, ada baiknya Anda mengambil gambar dengan kamera digital untuk mengetahui bagaimana tampilan sebelum dibedah. Agar lebih mudah untuk memasangnya kembali.
4)   Siapkan kampas rem baru, dan bandingkan dengan kampas rem lama. Serta pastikan bahwa ukuran dan dimensinya sama persis. Pastikan juga lubang – lubang yang dimiliki sama, karena lubang ini nantinya menetukan dudukan yang ada.
5)   Pasang kampas rem baru ini ke posisinya, caranya tergantung kepada bentuk rem tromol yang Anda miliki.
6)   Beberapa tipe kampas rem tromol ukuranya berbeda, yang depan berbeda dengan yang di belakang, akan tetapi umunya sama shingga bisa dipasang terbalik.
7)   Pasang lagi pin penahan, dan per-per yang ada. Ini pengaturanya tergantung kepada yang Anda miliki.
8)   Pastikan semua sudah kembali seperti sebelumnya, seperti kabel untuk rem tangan dan sebagainya.
9)   Bandingkan gambaran setelah dipasang semua, dengan gambar awal yang diambil dengan menggunakan kamera digital. Pastikan tidak ada yang error. Akibat kesalahan dalam memasang rem tromol sangat fatal dan berbahaya sekali bagi Anda dan pengendara lain.
10)Kalau sudah dipasang, tutup tromol, pasang juga ban kemudian singkirkan dongkrak. Ulangi cara yang sama ini di roda belakang satunya.

e.     Langkah Pemasangan

1)  Memasang back plate rem ke axle belakang
a.  Lumasi sealent  joint seam pad axle housing dan back plat
b.  Pasang axle shaft ke axle housing belakang
c.   Kencangkan mur back plat rem
d.  Pasang silinder roda dan kencangkan baut silinder roda mur pipa rem
e.  Pasang kabel rem tangan ke back plate

 2)  Memasang silinder roda
a.  Berikan water fight sealent ke silinder roda lepaskan plug cup dari pipa  rem dan pasangkan  pipanya
b.  Pasangkan silinder roda ke back plate dan kencangkan bautnya
c.   Sambungkan pipa rem ke silinder roda dan kencangkan murnya
d.  Pasang plug cup ketempatnya

3)  Memasang shoe
a.  Rakitlah part yang telah silepas sebelumnya
b.  Pasangkan penahan spring dengan menekan dan memutarkan pin penahan

 4)  Memasang tromol rem
a.  Untuk mendapatkan celah maximum antara shoe dengantromolmasukanobengantararod dan ratchet kemudian tekan ke bawah
b.  Pasang tromol sesudah memastikan bahwa tidak ada kotoran dan oli didalamnya
c.   Selesai melakukan pemasangan tekan pedal rem dengan beban 30 kg beberapa kali untuk  memperoleh celah antara tromol dengan shoe
 5)  Pasangkan roda dan kencangkan mur-murnya
 6)  Periksa untuk memastikan apakah tromol dapat berputardengan memutar



C.   Pemeliharaan Dan Perbaikan Alat

1.    Cek alat sebelum digunakan.
2.    Gunakan alat sesuai dengan prosedur yang baik, agar alat tetap dalam kondisi baik.
3.    Peralatan disimpan sesuai jenisnya
4.    Bersihkan alat sebelum dan sesudah di gunakan.


















BAB IV
PENUTUP
A.   Kesimpulan

Kegiatan Praktek Kerja Industri (Prakerin) merupakan kegiatan belajar mempraktekan apa yang telah diperoleh dibangku sekolah serta mendidik siswa untuk bekerja sebagai bekal yang akan datang. Namun kami juga mendapatkan ilmu yang berbeda dari teori disekolah, sehingga kami dapat mempraktekan ilmu yang di dapat dari bengkel.

B.   Saran-saran

·         Saran Untuk Sekolah:

a)    Sebaiknya pihak sekolah lebih meningkatkan kerja sama yang baik dengan bengkel agar tercipta hubungan yang baik.
b)   Guru pembimbing sebaiknya meningkatkan kedisiplinan dan kematangan materi kepada siswa agar siswa dalam melaksanakan prakerin berjalan dengan baik tanpa canggung.

·         Saran Untuk Bengkel:

a)    Kedisiplinan dan tata tertib mestinya lebih di tingkatkan agar kerapihan dan tujuan yang di harapkan dapat tercapai.
b)   Sebaiknya pihak bengkel meletakan alat kerja dan kebersihan bengkel agar efisien, guna pencapaian kerja lebih efektif.
c)    Memberikan suri tauladan yang baik kepada siswa-siswi “SMK GIRIPURO SUMPIUH”.






















Daftar Pustaka

·         http://www.viarohidinthea.com/2014/09/cara-menyetel-klep-mobil.html (Tanggal 3 april 2016, 14:10 WIB)
·         http://otomotrip.com/langkah-pembongkaran-kanvas-rem-cakram-mobil.html (Tanggal 4 april 2016, 13:50 WIB)
·         //www.google.com/search?q=menyetel+katup&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwjjppq82vbLAhWNco4KHQ9zA6oQ_AUIBygB#imgrc=13jlLeGugdVTLM%3A (Tanggal 4 april 2016, 14:01 WIB)
·         http://www.prosesindustri.com/2015/02/pengertian-valve-dan-jenis-jenisnya.html (Tanggal 4 april 2016, 14:30 WIB)

1 komentar:

  1. Informasinya cukup lengkap tapi kurang rapih dalam penataan kata kata

    Lanjutkan bro.........

    BalasHapus